Kamis, 03 November 2011

U2

 



Sejarah singkat band

U2 adalah band rock Irlandia tepatnya di Dublin. Dibentuk pada tahun 1976, band ini terdiri dari Bono (vokal dan gitar), The Edge (gitar, keyboard dan vokal), Adam Clayton (gitar bass), dan Larry Mullen, Jr (drum dan perkusi). Awalnya U2 beraliran post-punk tapi akhirnya tumbuh dan memasukkan pengaruh dari banyak genre musik populer. Selama pengejaran musik, mereka telah mempertahankan suara yang dikenal dengan melodi instrumental, dengan didukung oleh tekstur gitar Edge dan ekspresif vokal Bono. lirik mereka, seringkali dihiasi dengan citra spiritual, fokus pada tema pribadi dan keprihatinan sosial-politik.
U2 terbentuk di Mount Temple Comprehensive School ketika mereka masih remaja dengan kemampuan musik yang masih terbatas. Dalam waktu empat tahun, mereka menandatangani kontrak dengan Island Records dan merilis debut album Boy. Pada pertengahan 1980-an, dan sekarang mereka telah meraih popularitas di internasional.
Pengaruh
Band ini mengutip The Who, The Clash , television, Ramones, The Beatles,  Joy Division, Siouxsie dan Banshees, Elvis Presley, dan Patti Smith sebagai pengaruh merka. U2 juga bekerja dan / atau memiliki hubungan yang berpengaruh trhadap musisi lain termasuk Johnny Cash, Green Day, Leonard Cohen, Bruce Springsteen, BB King, Lou Reed, Luciano Pavarotti, Bob Dylan, Elvis Costello, Wim Wenders, REM, Salman Rushdie, dan Anton Corbijn.
Penghargaan
U2 pertama kali menerima Grammy Awards untuk album mereka “The Joshua Tree” pada tahun 1988, dan telah memenangkan 22 dari 34 nominasi, melebihi dari band lain. Antara lain mereka meraih Best Rock Duo atau Grup, Album of the Year, Record of the Year, Song of the Year dan Album Rock Terbaik. The British Phonographic Industri telah memberikan U2 tujuh Brit Awards, lima di antaranya sebagai Best International Group. Di Irlandia, U2 telah memenangkan 14 Meteor Awards sejak penghargaan dimulai pada tahun 2001. penghargaan lainnya termasuk satu AMA, empat VMAs, sepuluh Q Awards, dua Juno Awards, tiga NME Awards, dan Golden Globe Award. Band ini telah dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada awal tahun 2005. Pada tahun 2006, keempat anggota band menerima penghargaan ASCAP untuk lagu, “I Still Haven’t Found What I’m Looking For”, dan “Vertigo”.
U2 telah menjual lebih dari 150 juta album, menempatkan mereka di antara best-selling music artists of all-time. The Joshua Tree juga termasuk sebagai salah satu best-selling albums in the US, setelah terjual 10 juta kopi, dan juga sebagai best selling albums worldwide dengan penjualan 25 juta kopi. Dalam majalah Rolling Stone U2 menduduki peringkat nomor 22 dalam daftar dari “100 Artis Terbesar Sepanjang Masa”, sedangkan Bono peringkat 32 penyanyi terbesar dan The Edge gitaris terbesar ke-24. Pada tahun 2010, delapan lagu U2 muncul di  Rolling Stone sebagai “500 Lagu Terbesar Sepanjang Masa”, dengan peringkat tertinggi nomor satu dari 36. dan ranking Lima dari  dua belas album studio di Rolling Stone ‘tahun 2003 sebagai “500 Albums Terbesar Sepanjang Masa”.
Diskografi
Referensi
Wikipedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar