Kamis, 03 November 2011

STONE TEMPLE PILOTS

 


Sejarah Singkat

Stone Temple Pilots, sering disingkat menjadi STP, adalah band rock asal Amerika yang tepatnya di San Diego, California, yang terdiri dari Scott Weiland (vokal), saudara Robert DeLeo (bass gitar, vocal) dan Dekan DeLeo (gitar), dan Eric Kretz (drum , perkusi). Awalnya band ini beraliran hard rock, kemudian mereka meningkatkan gaya musiknya. Mereka pun meraih kesuksesan pada tahun 1992 dengan rilis album debutnya “Core”.
Album Core, bersertifikat 8 platinum oleh RIAA, yang meningkatkan band ini pada kepopularitasan. STP kemudian menjadi salah satu band rock yang sukses secara komersial di tahun1990-an, mereka telah menjual kurang lebih mencapai 40 juta album di seluruh dunia, dan termasuk 17,5 juta kopi di Amerika Serikat, sebelum pembubaran mereka di tahun 2003.
Band ini telah memiliki 16 single yang menduduki sepuluh besar di Billboard chart rock, 8 diantaranya menduduki peringkat 1, dan peringkat # 1 untuk albumnya yang diberi judul “Purple” pada tahun 1994. Pada tahun yang sama, band ini memenangkan Grammy untuk “Best Hard Rock Performance” untuk lagu “Plush” dari album Core. Stone Temple Pilots juga menduduki peringkat # 40 di VH1 sebagai  100 Artis Hard Rock Terbesar.
Setelah lima tahun, Weiland yang menjadi frontman di Velvet Revolver dan DeLeo bersaudara bergabung di Army of Anyone project, Stone Temple Pilots akhirnya bersatu kembali di tahun 2008 dengan meraih sukses 75-date tour dan merilis album keenam mereka pada tahun 2010.
Diskografi
Referensi
Wikipedia

1 komentar: